Thursday, 1 July 2010

Penghancuran Paru-paru Bumi

"Hanya dalam waktu tiga tahun, 600.329 hektar hutan alam lenyap. Ini adalah kerusakan tercepat di dunia. Menurut Greenomics, kerusakan hutan terparah mencapai 72 %  dari  130.000.000 Ha. ini merupakan rekor dalam penghancuran Bumi." What a Shame, People !

Penggalan berita diatas bisa menjadi gambaran seperti apa bumi kita indonesia sekarang? Enviromental Disaster Seperti : Banjir, tanah longsor, kerap terjadi dan banyak hal yang menjadi korban..Seperti halnya sebuah paru paru bumi hutan adalah tempat fauna dan flora untuk berkembang biak..Hutan bagaikan  surga untuk mereka. khususnya hutan indonesia yang dulu indah dan mencukupi 35% pasokan oksigen dunia sekarang berubah menjadi neraka.



Segenap rakyat Indonesia pantas bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah-Nya berupa melimpahnya keanekaragaman hayati yang ada di hutan tropis. Perwujudan rasa syukur yang tertinggi atas anugerah itu tentu saja adalah menjaga kelestariannya.
Namun, boro - boro melestaikannya, yang terjadi adalah bagaimana mengubahnya menjadi duit dan  justru berlomba-lomba untuk menghancurkan Paru paru dunia, data dari World Research Institute, menyebutkan 72 % dari tutupan hutan Indonesia seluas 130.000.000 hektar telah hilang. Artinya, hutan Indonesia hanya tinggal 28 %.

Bahkan pada tahun 2007 yang lalu, buku rekor dunia telah memasukan Indonesia sebagai negara penghancur hutan tercepat di dunia. Parameternya adalah dari 44 negara yang secara kolektif memiliki 90 persen hutan di dunia, negara yang meraih tingkat laju deforestasi tahunan tercepat di dunia adalah Indonesia, dengan 1,8 juta hektar hutan dihancurkan per tahun antara tahun 2000 hingga 2005.

Kehancuran hutan itu telah mengakibatkan berbagai bencana ekologi terjadi di negeri ini. Sepanjang 2000 hingga 2009 saja misalnya, telah  terjadi  sedikitnya 456 bencana banjir dan longsor si seluruh pelosok negeri akibat hancurnya hutan.Bencana itu pun telah memaksa ribuan penduduk menjadi pengungsi di negerinya sendiri.

Informasi mengenai kehancuran hutan Indonesia beserta dampak buruk yang menyertainya ternyata tidak menyurutkan langkah pemerintah untuk mendukung kebebasan industri tambang dan industri lainnya seperti sabun , kertas dan banyak produk.kita ambil contoh 1 hal yang kita pakai sehari hari yaitu sampho Merk Dove (karena telah terbukti merusak hutan).



Apa pendapat anda setelah melihat video dari greenpeace tersebut?


Gallery Deforestating:

http://www.greenpeace.org/raw/image_full/usa/photosvideos/photos/illegal-logging-in-the-amazon.jpg
http://www.environment-green.com/images/logging.jpg
http://www.swaberita.com/wp-content/uploads/2008/11/pencurian-kayu.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_4DKqx5OJthk/SbXHbQO0KiI/AAAAAAAAAnQ/xhQM-meXI0o/s400/Foto+Riau+-+Illegal+Logging+Area+in+Riau.jpg
http://assets.wwf.org.uk/img/illegal_logging_400_1_6926.jpg
http://www.nature.ca/sila/dvtr/images/frstbd.gif http://www.ens-newswire.com/ens/sep2004/20040902_clearcut.jpg
http://ecosys.cfl.scf.rncan.gc.ca/images/coupes.jpg http://www.mascd.net/BCSCD/Urbanpage_Files/Forest%20Harvest%20Web.jpg  http://cfs.nrcan.gc.ca/images/1929 
Pelajaran apa yang kita dapat setelah melihat pengrusakan ini? Bahwa apa yang harusnya seimbang ya harus dijaga seimbang. Bumi juga butuh keseimbangan. Mari kita biasakan untuk menanam pohon setidaknya 1x dalam seumur hidup kita. kalau bukan kita siapa lagi? We Care, Kita Peduli !!

Tags: ,

Like Real-Mistery™


Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Real-Mistery™. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks